Kenali Penyebab Bau Mulut dan 8 Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut dan 8 Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut dan 8 Cara Mengatasinya (Unsplash)

INDOGROUND.COM – Meskipun bau mulut bukanlah sebuah penyakit atau masalah medis yang mengancam atau berbahaya, akan tetapi biasanya bau mulit ini akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri, penampilan dan bila dibiarkan dapat menggangu kesehatan mulut.

Meskipun bukan masalah medis yang serius, bau mulut akan sangat menggangu bagi kehidupan seseorang, terlebih orang-orang yang memiliki pergaulan dengan banyak orang lainnya.

Penyebab Bau Mulut

Beberapa penyebab seseorang mengalami bau mulut, seperti :

1. Kurangnya menjaga kebersihan mulut

Apabila hal ini terjadi akan mengakibatkan mulut akan kotor, sisa-sisa makanan menumpuk dan munculnya plak gigi Dan plak inilah yang menjadi tempat kembang tumbuhnya bakteri didalam mulut.

2. Kebiasaan merokok

Merokok tidak hanya mengakibatkan rusaknya kesehatan paru-paru, tetapi juga akan meninggalkan noda pada gigi. Bila meninggalkan noda di gigi lalu ditambah dapat mengiritasi gusi yang kemudian menimbulkan radang. Hal inilah yang memicu seseorang mengalami bau mulut.

3. Menjalankan program diet

Apabila seseorang sedang menjalankan diet rendang karbohidrat, maka secara tidak langsung akan terciptanya benda keton. Nah, hal tersebutlah yang akan menimbulkan bau mulut sebagai akibat dari diet rendah karbohidrat.

4. Makanan berbau tajam

Makanan-makanan yang mengandung bawang bombai atau bawang putih bisa menjadi salah satu penyebab seseorang bau mulut.

5. Penyakit

Selain yang disebutkan diatas, penyebab bau mulut lainnya ialah menderita sebuah penyakit. Penyakit seperti gangguan lambung, sinusitis, diabetes dan gangguan hati. Penyakit inilah yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Setelah mengetahui penyebab bau mulut, berikut ini cara dan tips mengatasi bau mulut yang bisa Anda lakukan.

1. Sikat gigi dengan teratur

Sikat gigi menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut, menyikat gigi secara teratur dengan rasio dua kali sehari. Sikat gigi dilakukan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2. Ganti sikat gigi

Mengganti sikat gigi yang dipakai dua bulan sekali, hal ini dikarenakan dalam dua bulan tersebut bulu dari sikat gigi masih optimal dalam menyikat gigi dan membersikan sisa-sisa makanan.

3. Membersihkan lidah dan minum air putih

Jangan lupa untuk membersihkan lidah dan minum segelas air putih ketika bangun tidur.

4. Bersihkan gigi palsu

Apabila Anda memiliki gigi palsu, lakukanlah selayaknya gigi asli seperti menyikat gigi dua kali sehari saat pagi hari dan sebelum tidur.

5. Cek Kesehatan

Mengecek kesehatan gigi ke dokter wajib dilakukan setiap enam bulan sekali.

6. Mengunyah permen karet rendah gula

Mengunyah permen karet terbukti membantu mengurangi bau mulut seseorang

7. Jaga asupan

Menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh menjadi hal penting juga untuk mengatasi bau mulut. Hindari makanan-minuman seperti alkohol, teh dan kopi yang berlebihan serta hindari merokok.

8. Konsumsi air putih secukupnya

Berbeda dengan poin tiga diatas, minum air putih secukupnya sepanjang hari berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan rongga mulut. Nah demikianlah beberapa penyebab dan tips mengatasi bau mulut yang berlebih.(***)

Exit mobile version