Mengatasi Suara Bising pada Video Secara Online


Mengatasi Suara Bising pada Video Secara Online

Suara bising pada video dapat mengurangi kualitas dan pengalaman menonton bagi para penonton. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah ini agar konten video menjadi lebih jernih dan enak untuk ditonton.

Berikut adalah cara menghilangkan suara bising pada video secara online:

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video di InShot

Berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat diikuti untuk menghilangkan suara bising pada video menggunakan InShot:

  • Impor video
  • Pilih “Audio”
  • Atur “Noise Reduction”
  • Sesuaikan level
  • Prusak suara
  • Gunakan efek suara
  • Ekspor video

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menghilangkan suara bising pada video dan menghasilkan konten yang lebih jernih dan enak untuk ditonton.

Impor Video

Langkah pertama untuk menghilangkan suara bising pada video di InShot adalah mengimpor video yang ingin diedit.

  • Buka aplikasi InShot

    Buka aplikasi InShot pada perangkat Anda.

  • Ketuk tombol “Video”

    Pada halaman utama aplikasi, ketuk tombol “Video” untuk memilih video yang ingin diimpor.

  • Pilih video

    Jelajahi galeri atau file manager untuk memilih video yang ingin diedit. Anda dapat memilih satu atau beberapa video sekaligus.

  • Ketuk tombol “Impor”

    Setelah memilih video, ketuk tombol “Impor” untuk menambahkan video ke dalam timeline InShot.

Setelah video berhasil diimpor, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghilangkan suara bising.

Pilih “Audio”

Setelah video berhasil diimpor, langkah selanjutnya adalah memilih menu “Audio” untuk membuka pengaturan audio.

  • Ketuk ikon “Audio”

    Pada timeline InShot, ketuk ikon “Audio” yang terletak di bagian bawah layar.

  • Pilih tab “Noise Reduction”

    Pada halaman pengaturan audio, pilih tab “Noise Reduction” untuk membuka pengaturan penghilang kebisingan.

  • Atur level penghilang kebisingan

    Sesuaikan level penghilang kebisingan menggunakan penggeser. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak kebisingan yang akan dihilangkan.

  • Pratinjau perubahan

    Ketuk tombol “Pratinjau” untuk mendengar perubahan pada audio. Sesuaikan level penghilang kebisingan hingga Anda puas dengan hasilnya.

Setelah mengatur pengaturan penghilang kebisingan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menyempurnakan audio video.

Atur “Noise Reduction”

Pengaturan “Noise Reduction” memungkinkan Anda untuk mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan pada audio video. Berikut cara mengatur “Noise Reduction” di InShot:

1. Sesuaikan Level Penghilang Kebisingan
Pada tab “Noise Reduction”, terdapat penggeser yang dapat digunakan untuk mengatur level penghilang kebisingan. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak kebisingan yang akan dihilangkan. Sesuaikan level hingga Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara pengurangan kebisingan dan kualitas audio.

2. Dengarkan Pratinjau
Setelah mengatur level penghilang kebisingan, ketuk tombol “Pratinjau” untuk mendengar perubahan pada audio. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda puas dengan hasilnya.

3. Pertimbangkan Kebutuhan Spesifik
Kebutuhan penghilang kebisingan bervariasi tergantung pada jenis video dan tingkat kebisingan pada audio. Untuk video dengan kebisingan latar belakang yang minimal, level penghilang kebisingan yang rendah mungkin sudah cukup. Untuk video dengan kebisingan yang lebih signifikan, Anda mungkin perlu mengatur level yang lebih tinggi.

4. Bereksperimen dan Sesuaikan
Jangan takut untuk bereksperimen dengan pengaturan penghilang kebisingan untuk menemukan hasil yang optimal. Anda dapat mencoba level yang berbeda dan mendengarkan pratinjau hingga Anda menemukan pengaturan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan Level

Setelah memilih metode pengurangan kebisingan, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan level pengurangan kebisingan. Ini akan menentukan seberapa banyak kebisingan yang akan dihilangkan dari audio.

  • Level Rendah

    Level rendah akan mengurangi kebisingan secara minimal, cocok untuk audio dengan kebisingan latar belakang yang tidak terlalu mengganggu.

  • Level Sedang

    Level sedang akan mengurangi kebisingan secara lebih signifikan, cocok untuk audio dengan kebisingan latar belakang yang lebih jelas.

  • Level Tinggi

    Level tinggi akan mengurangi kebisingan secara maksimal, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas audio secara keseluruhan.

  • Pratinjau Perubahan

    Setelah menyesuaikan level, selalu pratinjau perubahan untuk memastikan Anda puas dengan hasilnya. Anda dapat menyesuaikan level hingga menemukan keseimbangan yang tepat antara pengurangan kebisingan dan kualitas audio.

Dengan menyesuaikan level secara tepat, Anda dapat secara efektif menghilangkan kebisingan yang tidak diinginkan dari audio video Anda, menghasilkan pengalaman audio yang lebih jelas dan menyenangkan bagi pemirsa.

Prusak Suara

Selain pengurangan kebisingan, InShot juga menawarkan fitur “Prusak Suara” untuk menghilangkan kebisingan yang tidak diinginkan dari audio video. Fitur ini bekerja dengan mengidentifikasi dan menghilangkan frekuensi kebisingan tertentu, seperti dengungan atau desisan.

  • Pilih Jenis Kebisingan

    InShot menyediakan beberapa jenis perusak suara yang telah dioptimalkan untuk jenis kebisingan tertentu, seperti dengungan, desisan, atau angin.

  • Atur Level Intensitas

    Setelah memilih jenis kebisingan, Anda dapat mengatur level intensitas perusak suara. Level yang lebih tinggi akan menghilangkan lebih banyak kebisingan, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas audio secara keseluruhan.

  • Pratinjau Perubahan

    Selalu pratinjau perubahan setelah menyesuaikan pengaturan perusak suara untuk memastikan Anda puas dengan hasilnya. Anda dapat menyesuaikan level intensitas hingga menemukan keseimbangan yang tepat antara pengurangan kebisingan dan kualitas audio.

  • Gunakan Secara Moderat

    Meskipun perusak suara dapat efektif dalam menghilangkan kebisingan, penting untuk menggunakannya secara moderat. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan audio yang tidak alami atau terdistorsi.

Dengan menggunakan fitur perusak suara secara bijaksana, Anda dapat secara efektif mengurangi kebisingan yang mengganggu dan meningkatkan kualitas audio video Anda secara keseluruhan.

Gunakan Efek Suara

Selain pengurangan kebisingan dan perusak suara, InShot juga menyediakan berbagai efek suara yang dapat membantu menyamarkan atau menutupi kebisingan yang tidak diinginkan dalam audio video. Efek suara ini dapat ditambahkan ke trek audio untuk menciptakan suasana atau lingkungan tertentu.

Berikut beberapa jenis efek suara yang tersedia di InShot:

  • Musik Latar Belakang

    Tambahkan musik latar belakang yang sesuai dengan tema atau suasana video untuk menutupi kebisingan yang tidak diinginkan.

  • Efek Alam

    Tambahkan efek suara alam, seperti suara burung, air mengalir, atau angin, untuk menciptakan suasana yang lebih alami atau menenangkan.

  • Efek Kota

    Tambahkan efek suara kota, seperti kebisingan lalu lintas atau percakapan orang banyak, untuk menciptakan suasana yang lebih urban atau realistis.

  • Efek Suara Khusus

    InShot juga menyediakan berbagai efek suara khusus, seperti tepuk tangan, tawa, atau suara binatang, yang dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan humor atau penekanan pada momen tertentu dalam video.

Dengan menggunakan efek suara secara kreatif, Anda dapat secara efektif mengurangi kebisingan yang mengganggu dan meningkatkan kualitas audio video Anda secara keseluruhan, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi pemirsa.

Ekspor Video

Setelah Anda puas dengan hasil pengurangan kebisingan dan penyesuaian audio, langkah terakhir adalah mengekspor video yang telah diedit. Berikut cara mengekspor video di InShot:

  1. Ketuk tombol “Ekspor”

    Setelah Anda selesai mengedit video, ketuk tombol “Ekspor” yang terletak di pojok kanan atas layar.

  2. Pilih Resolusi dan Kualitas

    Pada halaman ekspor, pilih resolusi dan kualitas video yang diinginkan. Resolusi yang lebih tinggi akan menghasilkan video yang lebih detail, tetapi juga akan berukuran lebih besar.

  3. Pilih Format Video

    InShot mendukung berbagai format video, termasuk MP4, MOV, dan GIF. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  4. Ekspor Video

    Setelah memilih pengaturan ekspor, ketuk tombol “Ekspor” untuk memulai proses ekspor. Waktu ekspor akan bervariasi tergantung pada panjang dan kompleksitas video.

Setelah video diekspor, Anda dapat menemukannya di galeri atau pengelola file perangkat Anda. Anda sekarang dapat membagikan video yang telah diedit dengan teman, keluarga, atau di platform media sosial.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan suara bising pada video di InShot:

Pertanyaan 1: Metode mana yang paling efektif untuk menghilangkan suara bising?
Jawaban: Kombinasi dari pengurangan kebisingan, perusak suara, dan efek suara biasanya memberikan hasil terbaik.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memilih level pengurangan kebisingan yang tepat?
Jawaban: Sesuaikan level hingga Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara pengurangan kebisingan dan kualitas audio.

Pertanyaan 3: Jenis perusak suara apa yang paling cocok untuk jenis kebisingan tertentu?
Jawaban: InShot menyediakan perusak suara yang dioptimalkan untuk dengungan, desisan, dan angin.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menambahkan efek suara untuk menutupi kebisingan?
Jawaban: Jelajahi perpustakaan efek suara InShot dan pilih efek yang sesuai dengan suasana video Anda.

Pertanyaan 5: Apa format video yang direkomendasikan untuk ekspor?
Jawaban: Untuk sebagian besar penggunaan, format MP4 dengan resolusi dan kualitas tinggi direkomendasikan.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menyimpan video yang telah diedit?
Jawaban: Setelah diekspor, video akan disimpan secara otomatis di galeri atau pengelola file perangkat Anda.

Dengan mengikuti tips dan menjawab FAQ ini, Anda dapat menghilangkan suara bising pada video di InShot secara efektif, menghasilkan konten video yang lebih jernih dan profesional.

Tips

Berikut beberapa tips praktis untuk membantu Anda menghilangkan suara bising pada video di InShot secara efektif:

1. Gunakan Lingkungan yang Tenang
Rekam video di lingkungan yang tenang atau gunakan mikrofon eksternal untuk meminimalkan kebisingan latar belakang selama perekaman.

2. Bereksperimen dengan Pengaturan Pengurangan Kebisingan
Jangan takut untuk mencoba level dan jenis pengurangan kebisingan yang berbeda untuk menemukan pengaturan yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

3. Gunakan Efek Suara Secara Kreatif
Tambahkan efek suara yang sesuai untuk menutupi atau menyamarkan kebisingan yang tidak diinginkan, tetapi gunakan secara moderat untuk menghindari audio yang tidak alami.

4. Ekspor dalam Format Berkualitas Tinggi
Saat mengekspor video, pilih resolusi dan kualitas tertinggi yang tersedia untuk mempertahankan kualitas audio dan meminimalkan kebisingan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat secara signifikan mengurangi suara bising pada video di InShot, menghasilkan konten video yang lebih jernih dan profesional.

Kesimpulan

Menghilangkan suara bising pada video di InShot merupakan proses yang relatif mudah dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat secara signifikan mengurangi kebisingan latar belakang dan meningkatkan kualitas audio video Anda.

Ingatlah untuk bereksperimen dengan berbagai metode pengurangan kebisingan, menggunakan efek suara secara kreatif, dan mengekspor video dalam format berkualitas tinggi untuk hasil terbaik. Dengan mengikuti tips dan trik yang dibagikan dalam artikel ini, Anda dapat menghasilkan konten video yang lebih jernih dan profesional, menarik perhatian pemirsa dan menyampaikan pesan Anda dengan lebih efektif.

Images References :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top