Cara Menghilangkan Teks di YouTube


Cara Menghilangkan Teks di YouTube

Teks pada video YouTube bisa menjadi gangguan, terutama jika teks tersebut menutupi bagian penting dari video. Untungnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan teks pada video YouTube, baik secara permanen maupun sementara.

Jika Anda ingin menghilangkan teks secara permanen, Anda harus mengedit video dan menghapus teks secara manual. Ini bisa menjadi proses yang memakan waktu, terutama jika videonya panjang. Namun, jika Anda hanya ingin menghilangkan teks sementara, ada beberapa metode yang lebih mudah dan cepat.

Cara Menghilangkan Teks di YouTube

Berikut adalah 10 poin penting tentang cara menghilangkan teks di YouTube:

  • Gunakan ekstensi browser
  • Edit video secara manual
  • Gunakan fitur “CC” di YouTube
  • Tambahkan teks baru
  • Gunakan alat pihak ketiga
  • Gunakan pintasan keyboard
  • Nonaktifkan teks di pengaturan
  • Hapus teks dari file SRT
  • Gunakan editor video
  • Perbarui browser Anda

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghilangkan teks pada video YouTube dengan mudah dan cepat.

Gunakan ekstensi browser

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan teks pada video YouTube adalah dengan menggunakan ekstensi browser. Ada beberapa ekstensi yang tersedia, seperti:

  • YouTube Nonaktifkan Teks Otomatis

    Ekstensi ini akan secara otomatis menonaktifkan teks pada semua video YouTube. Untuk menginstal ekstensi ini, kunjungi halaman ini di Chrome Web Store.

  • Matikan Teks di YouTube

    Ekstensi ini bekerja dengan cara yang sama seperti ekstensi sebelumnya, namun juga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan teks pada video yang disematkan. Untuk menginstal ekstensi ini, kunjungi halaman ini di Mozilla Add-ons.

  • Subtitle Remover for YouTube

    Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk menghapus teks secara permanen dari video YouTube. Untuk menginstal ekstensi ini, kunjungi halaman ini di Chrome Web Store.

  • Magic Actions for YouTube

    Ekstensi ini menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman YouTube Anda, termasuk kemampuan untuk menonaktifkan teks. Untuk menginstal ekstensi ini, kunjungi halaman ini di Chrome Web Store.

Setelah menginstal ekstensi yang Anda inginkan, Anda dapat menonaktifkan teks pada video YouTube dengan mengklik ikon ekstensi di bilah alat browser Anda. Beberapa ekstensi juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan teks, seperti ukuran font dan warna.

Edit video secara manual

Jika Anda ingin menghilangkan teks secara permanen dari video YouTube, Anda dapat mengedit video secara manual menggunakan perangkat lunak pengedit video. Ini adalah proses yang lebih memakan waktu daripada menggunakan ekstensi browser, namun ini adalah satu-satunya cara untuk menghapus teks secara permanen.

Untuk mengedit video secara manual, Anda memerlukan perangkat lunak pengedit video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau iMovie. Setelah Anda memiliki perangkat lunak pengedit video, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Impor video ke dalam perangkat lunak pengedit video Anda.
  2. Temukan trek teks dalam timeline video.
  3. Pilih trek teks dan tekan tombol “Hapus”.
  4. Ekspor video yang telah diedit.

Setelah Anda mengekspor video yang telah diedit, teks akan dihapus secara permanen. Anda kemudian dapat mengunggah video yang telah diedit ke YouTube.

Gunakan fitur “CC” di YouTube

YouTube memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan teks. Fitur ini disebut “CC”, yang merupakan singkatan dari “closed caption”. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka video YouTube yang ingin Anda tonton.
  2. Klik ikon “CC” di bagian bawah pemutar video.
  3. Pilih opsi “Nonaktifkan teks”.

Teks pada video sekarang akan disembunyikan. Anda dapat mengaktifkan kembali teks kapan saja dengan mengklik ikon “CC” dan memilih opsi “Aktifkan teks”.

Fitur “CC” adalah cara yang mudah dan cepat untuk menyembunyikan teks pada video YouTube. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan menyembunyikan teks, bukan menghapusnya secara permanen. Jika Anda ingin menghapus teks secara permanen, Anda harus mengedit video secara manual atau menggunakan ekstensi browser.

Tambahkan teks baru

Salah satu cara untuk menghilangkan teks lama pada video YouTube adalah dengan menambahkan teks baru. Ini dapat dilakukan menggunakan fitur “Editor Teks” di YouTube. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka video YouTube yang ingin Anda edit.
  2. Klik tombol “Edit Video” di bawah pemutar video.
  3. Klik tab “Teks” di menu sebelah kiri.
  4. Klik tombol “Tambahkan Teks Baru”.
  5. Masukkan teks yang ingin Anda tambahkan.
  6. Klik tombol “Simpan”.

Teks baru sekarang akan ditampilkan di video. Anda dapat menyesuaikan pengaturan teks, seperti ukuran font, warna, dan posisi, menggunakan opsi yang tersedia di tab “Teks”. Anda juga dapat menghapus teks lama dengan mengklik tombol “Hapus” di sebelah teks tersebut.

Menambahkan teks baru adalah cara yang efektif untuk menghilangkan teks lama pada video YouTube. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan berfungsi jika Anda memiliki izin untuk mengedit video tersebut.

Gunakan alat pihak ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan YouTube dan ekstensi browser, Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk menghilangkan teks pada video YouTube. Ada beberapa alat pihak ketiga yang tersedia, seperti:

  • YouTube Transcript Remover

    Alat ini memungkinkan Anda untuk menghapus teks dari video YouTube secara online. Untuk menggunakan alat ini, kunjungi halaman ini dan ikuti petunjuknya.

  • Subtitle Remover for YouTube

    Alat ini adalah ekstensi browser yang memungkinkan Anda untuk menghapus teks dari video YouTube secara otomatis. Untuk menggunakan alat ini, instal ekstensi di browser Anda dan ikuti petunjuknya.

  • VideoProc Converter

    Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mengedit video, termasuk menghapus teks. Untuk menggunakan perangkat lunak ini, unduh dan instal perangkat lunak di komputer Anda dan ikuti petunjuknya.

Alat pihak ketiga dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin menghapus teks dari banyak video YouTube. Namun, perlu diingat bahwa beberapa alat pihak ketiga mungkin tidak berfungsi dengan semua video YouTube.

Gunakan pintasan keyboard

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk menyembunyikan teks pada video YouTube. Caranya adalah dengan menekan tombol “c” pada keyboard Anda. Pintasan keyboard ini akan menyembunyikan atau menampilkan teks pada video yang sedang Anda tonton.

Pintasan keyboard ini hanya berfungsi pada browser Google Chrome. Jika Anda menggunakan browser lain, Anda dapat mencoba menggunakan ekstensi browser atau alat pihak ketiga untuk menyembunyikan teks pada video YouTube.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan pintasan keyboard untuk menyembunyikan teks pada video YouTube:

  1. Buka video YouTube yang ingin Anda tonton.
  2. Tekan tombol “c” pada keyboard Anda.
  3. Teks pada video akan disembunyikan atau ditampilkan.

Anda dapat menekan tombol “c” lagi untuk menampilkan atau menyembunyikan teks kapan saja.

Nonaktifkan teks di pengaturan

Anda juga dapat menonaktifkan teks pada video YouTube di pengaturan akun Anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun YouTube Anda.
  2. Klik ikon profil Anda di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih “Pengaturan”.
  4. Klik tab “Pemutaran dan kinerja”.
  5. Hapus centang pada kotak di sebelah “Selalu tampilkan teks”.
  6. Klik tombol “Simpan”.

Setelah Anda menonaktifkan teks di pengaturan, teks tidak akan lagi ditampilkan pada video YouTube yang Anda tonton. Anda dapat mengaktifkan kembali teks kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan mencentang kembali kotak di sebelah “Selalu tampilkan teks”.

Menonaktifkan teks di pengaturan adalah cara mudah untuk menyembunyikan teks pada semua video YouTube yang Anda tonton. Namun, perlu diingat bahwa pengaturan ini hanya akan memengaruhi akun YouTube Anda sendiri. Jika Anda menggunakan komputer atau perangkat lain untuk menonton video YouTube, Anda mungkin perlu menonaktifkan teks di pengaturan akun tersebut juga.

Hapus teks dari file SRT

Jika video YouTube yang ingin Anda tonton memiliki file SRT, Anda dapat menghapus teks dengan menghapus file SRT. File SRT adalah file teks yang berisi teks untuk video. File ini biasanya disimpan di folder yang sama dengan video.

Untuk menghapus file SRT, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Temukan file SRT untuk video yang ingin Anda tonton.
  2. Hapus file SRT.
  3. Muat ulang video di YouTube.

Setelah Anda menghapus file SRT, teks tidak akan lagi ditampilkan pada video. Anda dapat mengunduh file SRT baru jika Anda ingin menampilkan teks lagi.

Menghapus file SRT adalah cara mudah untuk menghilangkan teks pada video YouTube. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya akan berfungsi jika video memiliki file SRT. Jika video tidak memiliki file SRT, Anda dapat mencoba menggunakan metode lain yang dijelaskan dalam artikel ini.

Gunakan editor video

Jika Anda ingin menghapus teks dari video YouTube secara permanen, Anda dapat menggunakan editor video. Ada banyak editor video yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Beberapa editor video yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan teks dari video YouTube meliputi:

  • Adobe Premiere Pro

    Adobe Premiere Pro adalah editor video profesional yang banyak digunakan. Anda dapat menggunakan Premiere Pro untuk menghapus teks dari video dengan menggunakan fitur “Teks”.

  • Final Cut Pro

    Final Cut Pro adalah editor video profesional lainnya yang banyak digunakan. Anda dapat menggunakan Final Cut Pro untuk menghapus teks dari video dengan menggunakan fitur “Judul”.

  • iMovie

    iMovie adalah editor video gratis yang disertakan dengan komputer Mac. Anda dapat menggunakan iMovie untuk menghapus teks dari video dengan menggunakan fitur “Teks”.

  • Windows Video Editor

    Windows Video Editor adalah editor video gratis yang disertakan dengan komputer Windows. Anda dapat menggunakan Windows Video Editor untuk menghapus teks dari video dengan menggunakan fitur “Judul”.

Setelah Anda menginstal editor video, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus teks dari video YouTube:

  1. Impor video YouTube ke dalam editor video.
  2. Temukan trek teks dalam timeline video.
  3. Hapus trek teks.
  4. Ekspor video yang telah diedit.

Setelah Anda mengekspor video yang telah diedit, teks akan dihapus secara permanen. Anda kemudian dapat mengunggah video yang telah diedit ke YouTube.

Perbarui browser Anda

Salah satu penyebab teks pada video YouTube tidak dapat dihilangkan adalah karena browser Anda sudah ketinggalan zaman. Untuk memperbarui browser Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Google Chrome

    Buka menu Chrome dan pilih “Bantuan” > “Tentang Google Chrome”. Chrome akan memeriksa pembaruan dan menginstalnya secara otomatis.

  • Mozilla Firefox

    Buka menu Firefox dan pilih “Bantuan” > “Tentang Firefox”. Firefox akan memeriksa pembaruan dan menginstalnya secara otomatis.

  • Microsoft Edge

    Buka menu Edge dan pilih “Bantuan dan Umpan Balik” > “Tentang Microsoft Edge”. Edge akan memeriksa pembaruan dan menginstalnya secara otomatis.

  • Safari

    Buka menu Safari dan pilih “Preferensi” > “Pembaruan Perangkat Lunak”. Safari akan memeriksa pembaruan dan menginstalnya secara otomatis.

Setelah Anda memperbarui browser Anda, coba muat ulang video YouTube. Teks sekarang seharusnya dapat dihilangkan menggunakan salah satu metode yang dijelaskan dalam artikel ini.

Menjaga browser Anda tetap terbaru adalah penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki fitur dan perbaikan keamanan terbaru. Selain itu, memperbarui browser Anda juga dapat memperbaiki masalah yang mungkin Anda alami saat menggunakan YouTube atau situs web lainnya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara menghilangkan teks pada video YouTube:

Question 1: Bagaimana cara menghilangkan teks pada video YouTube?
Answer 1: Ada beberapa cara untuk menghilangkan teks pada video YouTube, seperti menggunakan ekstensi browser, mengedit video secara manual, menggunakan fitur “CC” di YouTube, menambahkan teks baru, menggunakan alat pihak ketiga, menggunakan pintasan keyboard, menonaktifkan teks di pengaturan, menghapus teks dari file SRT, menggunakan editor video, dan memperbarui browser Anda.

Question 2: Metode mana yang paling mudah untuk menghilangkan teks pada video YouTube?
Answer 2: Metode termudah untuk menghilangkan teks pada video YouTube adalah dengan menggunakan ekstensi browser atau fitur “CC” di YouTube.

Question 3: Bagaimana cara menghilangkan teks pada video YouTube secara permanen?
Answer 3: Untuk menghilangkan teks pada video YouTube secara permanen, Anda dapat mengedit video secara manual atau menggunakan editor video.

Question 4: Apakah ada cara untuk menghilangkan teks pada semua video YouTube yang saya tonton?
Answer 4: Ya, Anda dapat menonaktifkan teks di pengaturan akun YouTube Anda. Dengan melakukan ini, teks tidak akan ditampilkan pada semua video YouTube yang Anda tonton.

Question 5: Mengapa teks tidak dapat dihilangkan pada beberapa video YouTube?
Answer 5: Beberapa video YouTube mungkin memiliki teks yang tertanam pada video itu sendiri. Dalam kasus ini, teks tidak dapat dihilangkan menggunakan metode yang dijelaskan dalam artikel ini.

Question 6: Saya sudah mencoba semua metode dalam artikel ini, tetapi teks masih tidak dapat dihilangkan. Apa yang harus saya lakukan?
Answer 6: Jika Anda sudah mencoba semua metode dalam artikel ini, tetapi teks masih tidak dapat dihilangkan, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan YouTube untuk mendapatkan bantuan.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda seharusnya dapat menghilangkan teks pada video YouTube dengan mudah dan cepat.

Berikutnya, kami akan memberikan beberapa tips tambahan yang mungkin berguna saat mencoba menghilangkan teks pada video YouTube.

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menghilangkan teks pada video YouTube dengan mudah dan cepat:

Tip 1: Coba beberapa metode
Jika satu metode tidak berhasil, coba metode lain yang dijelaskan dalam artikel ini. Beberapa video YouTube mungkin memerlukan metode yang berbeda untuk menghilangkan teks.

Tip 2: Gunakan pintasan keyboard
Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard “c” untuk menyembunyikan atau menampilkan teks pada video YouTube. Ini adalah cara cepat dan mudah untuk menghilangkan teks tanpa harus menggunakan ekstensi browser atau alat pihak ketiga.

Tip 3: Perbarui browser Anda
Memastikan bahwa browser Anda sudah diperbarui dapat membantu menghilangkan masalah yang mungkin Anda alami saat mencoba menghilangkan teks pada video YouTube. Browser yang ketinggalan zaman mungkin tidak mendukung fitur terbaru yang diperlukan untuk menghilangkan teks.

Tip 4: Hubungi dukungan YouTube
Jika Anda sudah mencoba semua tips dan metode yang diuraikan dalam artikel ini, tetapi masih tidak dapat menghilangkan teks pada video YouTube, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan YouTube untuk mendapatkan bantuan. Mereka mungkin dapat memberikan solusi khusus untuk masalah Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda seharusnya dapat menghilangkan teks pada video YouTube dengan mudah dan cepat.

Kesimpulannya, ada beberapa metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan teks pada video YouTube. Metode terbaik untuk Anda akan tergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda seharusnya dapat menghilangkan teks pada video YouTube dengan mudah dan cepat.

Conclusion

Dalam artikel ini kita telah menguraikan berbagai cara untuk menghilangkan teks pada video YouTube.

Beberapa cara tersebut antara lain:
– Ekstensi browser
– Edit video secara manual
– Feature “CC”
– Menambahkan teks baru
– Perkakas ketiga
– Pintasan papan ketik
– Nonaktif teks pada menu
– Membuang file SRT
– Mengubah editor video
– Memperbaharui peramban

Metode yang Anda gunakan akan bergantung pada kebutuhan dan preferensi khusus Anda.

Dengan memahami berbagai cara untuk menghilangkan teks pada video YouTube ini,
Anda akan dapat menemukan cara terbaik untuk menghilangkan teks yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menikmati video YouTube tanpa gangguan teks.
Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membacanya.

Images References :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top