Cara Menghilangkan Saran Aplikasi di Xiaomi


Cara Menghilangkan Saran Aplikasi di Xiaomi

Saran aplikasi pada Xiaomi merupakan fitur yang memberikan rekomendasi aplikasi yang mungkin berguna bagi pengguna. Namun, terkadang saran aplikasi ini dapat mengganggu atau tidak diinginkan. Jika Anda merasa terganggu dengan saran aplikasi, Anda dapat menonaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Selain mengganggu, saran aplikasi juga dapat menyebabkan masalah privasi. Xiaomi dapat mengumpulkan data tentang aplikasi yang Anda gunakan dan merekomendasikan aplikasi yang mungkin Anda minati berdasarkan data tersebut. Jika Anda tidak nyaman dengan hal ini, Anda dapat menonaktifkan saran aplikasi untuk melindungi privasi Anda.

Transisi: Untuk menonaktifkan saran aplikasi pada Xiaomi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Menghilangkan Saran Aplikasi di Xiaomi

Berikut adalah 8 langkah penting untuk menghilangkan saran aplikasi di Xiaomi:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Kelola Aplikasi
  • Cari “Layanan Google Play”
  • Hapus Cache dan Data
  • Matikan “Izinkan Notifikasi”
  • Nyalakan ulang perangkat
  • Selesai

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menonaktifkan saran aplikasi pada Xiaomi secara permanen. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat menghubungi dukungan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan.

Buka menu Pengaturan

Untuk memulai, Anda harus membuka menu Pengaturan di ponsel Xiaomi Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sentuh dan tahan layar
    Sentuh dan tahan layar beranda atau layar kunci hingga muncul menu.
  2. Pilih “Pengaturan”
    Dari menu yang muncul, pilih ikon “Pengaturan” yang biasanya digambarkan dengan roda gigi.
  3. Cari menu “Aplikasi”
    Di menu Pengaturan, cari dan pilih menu “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”.
  4. Pilih “Kelola Aplikasi”
    Jika Anda menggunakan MIUI versi lama, Anda mungkin perlu memilih “Kelola Aplikasi” terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Setelah Anda berada di menu “Kelola Aplikasi”, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menonaktifkan saran aplikasi.

Pilih Aplikasi

Setelah berada di menu “Kelola Aplikasi”, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan saran aplikasinya. Dalam hal ini, kita akan memilih aplikasi “Layanan Google Play”.

Untuk menemukan aplikasi “Layanan Google Play”, Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas menu “Kelola Aplikasi”. Cukup ketik “Layanan Google Play” dan aplikasi akan muncul di hasil pencarian.

Setelah menemukan aplikasi “Layanan Google Play”, ketuk untuk membuka halaman info aplikasi. Di halaman ini, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang aplikasi, termasuk izin, penggunaan data, dan penyimpanan.

Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, Anda perlu mengetuk tombol “Hapus Cache” dan “Hapus Data” di halaman info aplikasi. Tindakan ini akan menghapus data sementara yang disimpan oleh aplikasi, termasuk saran aplikasi.

Setelah Anda menghapus cache dan data aplikasi, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi “Layanan Google Play”.

Kelola Aplikasi

Menu “Kelola Aplikasi” pada ponsel Xiaomi menyediakan daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat. Dari menu ini, Anda dapat mengelola aplikasi, seperti menghapus instalan, menghapus data, dan mengontrol izin.

Untuk mengakses menu “Kelola Aplikasi”, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Aplikasi.
  3. Jika Anda menggunakan MIUI versi lama, Anda mungkin perlu memilih Kelola Aplikasi terlebih dahulu.

Setelah berada di menu “Kelola Aplikasi”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Anda dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, ukuran, atau waktu pemasangan.

Untuk menemukan aplikasi tertentu, Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas menu. Cukup ketik nama aplikasi yang ingin Anda cari dan aplikasi akan muncul di hasil pencarian.

Setelah menemukan aplikasi yang ingin Anda kelola, ketuk untuk membuka halaman info aplikasi. Di halaman ini, Anda dapat menemukan berbagai informasi tentang aplikasi, termasuk izin, penggunaan data, dan penyimpanan.

Cari “Layanan Google Play”

Setelah berada di menu “Kelola Aplikasi”, langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi “Layanan Google Play”. Aplikasi ini bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai layanan Google di perangkat Anda, termasuk saran aplikasi.

  1. Gunakan bilah pencarian
    Anda dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas menu “Kelola Aplikasi” untuk menemukan aplikasi “Layanan Google Play” dengan cepat. Cukup ketik “Layanan Google Play” dan aplikasi akan muncul di hasil pencarian.
  2. Gulir daftar aplikasi
    Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi “Layanan Google Play” menggunakan bilah pencarian, Anda dapat menggulir daftar aplikasi secara manual. Aplikasi ini biasanya terletak di bagian atas daftar, karena merupakan aplikasi sistem.
  3. Urutkan aplikasi
    Anda dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, ukuran, atau waktu pemasangan untuk memudahkan pencarian aplikasi “Layanan Google Play”.
  4. Gunakan filter
    Jika Anda menggunakan MIUI versi terbaru, Anda dapat menggunakan filter untuk menampilkan hanya aplikasi sistem. Ini akan mempersempit daftar aplikasi dan memudahkan Anda menemukan aplikasi “Layanan Google Play”.

Setelah menemukan aplikasi “Layanan Google Play”, ketuk untuk membuka halaman info aplikasi. Di halaman ini, Anda dapat menemukan berbagai informasi tentang aplikasi, termasuk izin, penggunaan data, dan penyimpanan.

Hapus Cache dan Data

Setelah membuka halaman info aplikasi untuk “Layanan Google Play”, langkah selanjutnya adalah menghapus cache dan data aplikasi. Ini akan menghapus data sementara yang disimpan oleh aplikasi, termasuk saran aplikasi.

Untuk menghapus cache dan data aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk tombol “Hapus Cache”.
  2. Ketuk tombol “Hapus Data”.
  3. Konfirmasi penghapusan data dengan mengetuk tombol “OK”.

Setelah Anda menghapus cache dan data aplikasi, saran aplikasi akan dihapus. Anda mungkin perlu me-restart perangkat untuk perubahan diterapkan sepenuhnya.

Selain menghapus cache dan data aplikasi, Anda juga dapat menonaktifkan notifikasi dari aplikasi “Layanan Google Play” untuk mencegah saran aplikasi muncul di masa mendatang.

Matikan “Izinkan Notifikasi”

Setelah menghapus cache dan data aplikasi “Layanan Google Play”, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tersebut. Ini akan mencegah saran aplikasi muncul di masa mendatang.

Untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi “Layanan Google Play”, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kembali ke halaman info aplikasi untuk “Layanan Google Play”.
  2. Ketuk opsi “Notifikasi”.
  3. Nonaktifkan sakelar “Izinkan Notifikasi”.

Setelah Anda menonaktifkan notifikasi dari aplikasi “Layanan Google Play”, saran aplikasi tidak akan lagi muncul di perangkat Anda.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan saran aplikasi, Anda dapat mencoba me-restart perangkat atau menghubungi dukungan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan.

NyalakanSvara perangkat

Setelah menonaktifkan notifikasi dariSvara “Layanan Google Play”, langkah terakhir adalah menyalakanSvara ulang perangkat Anda. Hal ini untuk memastikan perubahan yang Anda lakukan diterapkan dengan benar.

Untuk menyalakanSvara ulang perangkat Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol daya.
  2. Pilih opsi “NyalakanSvara ulang”.
  3. Tunggu hingga perangkat Anda menyala kembali.

Setelah perangkat Anda menyala kembali, periksa apakah saranSvara masih muncul. Jika tidak muncul, maka Anda telah berhasil menonaktifkan saranSvara pada perangkat Xiaomi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghilangkan saranSvara yang mengganggu pada perangkat Xiaomi Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna Anda secara keseluruhan.

Selesai

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menonaktifkan saran aplikasi pada perangkat Xiaomi Anda.

  • Periksa kembali pengaturan
    Buka kembali menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Layanan Google Play untuk memastikan bahwa saran aplikasi telah dinonaktifkan.
  • Restart perangkat
    Restart perangkat Anda untuk memastikan perubahan diterapkan dengan benar.
  • Gunakan perangkat tanpa gangguan
    Nikmati perangkat Anda tanpa gangguan dari saran aplikasi yang tidak diinginkan.
  • Dapatkan bantuan jika diperlukan
    Jika Anda masih mengalami masalah dengan saran aplikasi, hubungi dukungan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan.

Dengan menonaktifkan saran aplikasi, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dan membuat perangkat Xiaomi Anda lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara menghilangkan saran aplikasi di Xiaomi:

Pertanyaan 1: Mengapa saya harus menonaktifkan saran aplikasi?

Jawaban: Menonaktifkan saran aplikasi dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan mengurangi gangguan, melindungi privasi Anda, dan menghemat sumber daya perangkat.

Pertanyaan 2: Apakah menonaktifkan saran aplikasi memengaruhi kinerja perangkat saya?

Jawaban: Menonaktifkan saran aplikasi umumnya tidak memengaruhi kinerja perangkat secara signifikan. Namun, hal ini dapat sedikit menghemat sumber daya perangkat, seperti RAM dan baterai.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengaktifkan kembali saran aplikasi jika saya berubah pikiran?

Jawaban: Untuk mengaktifkan kembali saran aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut: Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Layanan Google Play > Aktifkan “Izinkan Notifikasi”.

Pertanyaan 4: Saya telah mengikuti langkah-langkahnya, tetapi saran aplikasi masih muncul. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban: Coba restart perangkat Anda atau hubungi dukungan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan.

Pertanyaan 5: Apakah ada cara lain untuk menyesuaikan saran aplikasi selain menonaktifkannya?

Jawaban: Ya, Anda dapat menyesuaikan saran aplikasi dengan menyesuaikan setelan notifikasi atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.

Pertanyaan 6: Apakah menonaktifkan saran aplikasi akan memengaruhi aplikasi lain di perangkat saya?

Jawaban: Menonaktifkan saran aplikasi hanya akan memengaruhi aplikasi “Layanan Google Play” dan tidak akan memengaruhi aplikasi lain di perangkat Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Xiaomi atau merujuk ke sumber daya resmi.

Selain langkah-langkah dan FAQ di atas, berikut beberapa tips tambahan untuk mengelola saran aplikasi di perangkat Xiaomi Anda:

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengelola saran aplikasi di perangkat Xiaomi Anda:

Gunakan fitur “Aplikasi Tersembunyi”
Fitur “Aplikasi Tersembunyi” di MIUI memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar beranda dan daftar aplikasi. Ini berguna untuk menyembunyikan aplikasi yang sering memberikan saran yang tidak diinginkan.

Nonaktifkan izin notifikasi
Selain menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi “Layanan Google Play”, Anda juga dapat menonaktifkan izin notifikasi untuk aplikasi lain yang memberikan saran yang tidak diinginkan.

Gunakan aplikasi peluncur pihak ketiga
Aplikasi peluncur pihak ketiga, seperti Nova Launcher atau Lawnchair Launcher, menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian, termasuk kemampuan untuk menonaktifkan saran aplikasi.

Laporkan aplikasi yang mengganggu
Jika Anda menemukan aplikasi yang terus memberikan saran yang mengganggu meskipun telah menonaktifkan setelan yang sesuai, Anda dapat melaporkannya ke Google Play Store atau menghubungi dukungan Xiaomi.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengelola saran aplikasi di perangkat Xiaomi Anda secara lebih efektif dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah, FAQ, dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat menghilangkan saran aplikasi yang mengganggu pada perangkat Xiaomi Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Menonaktifkan saran aplikasi pada perangkat Xiaomi adalah proses yang cukup mudah dan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengalaman pengguna. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat menghilangkan gangguan, melindungi privasi, dan menyesuaikan perangkat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingatlah poin-poin utama berikut:

  • Saran aplikasi dapat dinonaktifkan melalui Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Layanan Google Play.
  • Menonaktifkan saran aplikasi tidak memengaruhi kinerja perangkat secara signifikan.
  • Anda dapat menyesuaikan saran aplikasi dengan menyesuaikan setelan notifikasi atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Jika Anda mengalami masalah, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Xiaomi atau merujuk ke sumber daya resmi.

Dengan mengelola saran aplikasi secara efektif, Anda dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan dan produktif pada perangkat Xiaomi Anda.

Images References :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top