Cara Menghilangkan Write Protection Pada Micro Sd


Cara Menghilangkan Write Protection Pada Micro Sd

cara menghilangkan write protection pada micro sd

Berikut adalah 9 poin penting mengenai cara menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD:

  • Lepaskan kartu dari perangkat
  • Gunakan sakelar perlindungan tulis
  • Format kartu memori
  • Gunakan utilitas perbaikan kartu memori
  • Periksa kesalahan sistem file
  • Hapus virus atau malware
  • Perbarui driver perangkat
  • Ganti pembaca kartu
  • Ganti kartu memori

Penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada perangkat dan sistem operasi yang digunakan.

Lepaskan kartu dari perangkat

Langkah pertama untuk menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD adalah dengan melepaskan kartu dari perangkat. Ini dapat dilakukan dengan mematikan perangkat dan mengeluarkan kartu memori dari slotnya. Penting untuk memastikan bahwa kartu memori dikeluarkan dengan benar untuk menghindari kerusakan pada kartu atau perangkat.

Setelah kartu memori dikeluarkan, Periksa apakah ada sakelar perlindungan tulis pada kartu. Sakelar ini biasanya kecil dan terletak di sisi kartu. Jika sakelar dalam posisi terkunci, kartu akan dilindungi dari penulisan. Untuk membuka kunci kartu, cukup geser sakelar ke posisi terbuka.

Jika kartu memori tidak memiliki sakelar perlindungan tulis, atau jika sakelar sudah dalam posisi terbuka, langkah selanjutnya adalah memformat kartu memori. Memformat kartu memori akan menghapus semua data pada kartu, jadi penting untuk mencadangkan data penting apa pun sebelum melanjutkan.

Untuk memformat kartu memori, cukup masukkan kartu ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer. Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, klik kanan pada kartu memori di File Explorer dan pilih “Format”. Di jendela Format, pilih sistem file yang diinginkan (biasanya FAT32 atau exFAT) dan klik “Mulai”.

Setelah kartu memori diformat, kartu tersebut seharusnya tidak lagi dilindungi dari penulisan. Jika kartu masih dilindungi dari penulisan, mungkin ada masalah lain yang menyebabkan masalah tersebut. Dalam hal ini, disarankan untuk mencoba langkah pemecahan masalah lainnya, seperti menggunakan utilitas perbaikan kartu memori atau memeriksa kesalahan sistem file.

Gunakan sakelar perlindungan tulis

Beberapa kartu memori microSD memiliki sakelar perlindungan tulis, yang dapat digunakan untuk mencegah data pada kartu ditimpa atau dihapus. Jika kartu memori memiliki sakelar perlindungan tulis, pastikan sakelar dalam posisi tidak terkunci (biasanya ke arah atas atau ke kanan).

  • Periksa posisi sakelar

    Periksa posisi sakelar perlindungan tulis pada kartu memori. Jika sakelar dalam posisi terkunci (biasanya ke arah bawah atau ke kiri), kartu akan dilindungi dari penulisan.

  • Geser sakelar ke posisi tidak terkunci

    Untuk membuka kunci kartu, cukup geser sakelar perlindungan tulis ke posisi tidak terkunci. Biasanya, sakelar akan berbunyi klik saat digeser ke posisi tidak terkunci.

  • Coba kartu di perangkat lain

    Jika sakelar perlindungan tulis sudah dalam posisi tidak terkunci tetapi kartu masih dilindungi dari penulisan, coba masukkan kartu ke perangkat lain. Hal ini untuk memastikan bahwa masalahnya bukan pada perangkat.

  • Ganti kartu memori

    Jika kartu memori masih dilindungi dari penulisan meskipun sakelar perlindungan tulis sudah dalam posisi tidak terkunci dan kartu telah dicoba di perangkat lain, kemungkinan kartu memori rusak. Dalam hal ini, kartu memori perlu diganti.

Sakelar perlindungan tulis adalah cara mudah untuk melindungi data pada kartu memori microSD dari penghapusan atau penimpaan yang tidak disengaja. Namun, penting untuk diingat bahwa sakelar perlindungan tulis tidak melindungi data dari kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh faktor lain, seperti kerusakan fisik atau kegagalan perangkat.

Format kartu memori

Memformat kartu memori akan menghapus semua data pada kartu, jadi penting untuk mencadangkan data penting apa pun sebelum melanjutkan. Untuk memformat kartu memori, cukup masukkan kartu ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer. Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, klik kanan pada kartu memori di File Explorer dan pilih “Format”. Di jendela Format, pilih sistem file yang diinginkan (biasanya FAT32 atau exFAT) dan klik “Mulai”.

Proses format akan memakan waktu beberapa menit, tergantung pada ukuran dan kecepatan kartu memori. Setelah proses format selesai, kartu memori akan diformat ulang dan seharusnya tidak lagi dilindungi dari penulisan. Jika kartu masih dilindungi dari penulisan setelah diformat, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan masalah tersebut. Dalam hal ini, disarankan untuk mencoba langkah pemecahan masalah lainnya, seperti menggunakan utilitas perbaikan kartu memori atau memeriksa kesalahan sistem file.

Memformat kartu memori adalah cara yang efektif untuk menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD. Namun, penting untuk dicatat bahwa memformat kartu memori akan menghapus semua data pada kartu, jadi pastikan untuk mencadangkan data penting apa pun sebelum melanjutkan.

Selain menggunakan File Explorer, ada juga beberapa utilitas pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memformat kartu memori. Utilitas ini biasanya menawarkan lebih banyak opsi dan fitur daripada File Explorer, seperti kemampuan untuk memformat kartu memori dengan sistem file tingkat rendah atau melakukan pemindaian permukaan pada kartu memori untuk menemukan dan memperbaiki sektor yang rusak.

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara memformat kartu memori, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokumentasi perangkat atau produsen kartu memori untuk mendapatkan petunjuk lebih rinci.

Gunakan utilitas perbaikan kartu memori

Utilitas perbaikan kartu memori adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan pada kartu memori, termasuk kesalahan yang dapat menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan. Ada beberapa utilitas perbaikan kartu memori yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Beberapa utilitas perbaikan kartu memori yang populer antara lain:

  • Windows CHKDSK

    CHKDSK adalah utilitas perbaikan kartu memori bawaan Windows yang dapat digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada kartu memori. Untuk menggunakan CHKDSK, cukup masukkan kartu memori ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer. Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, buka Command Prompt dan ketik perintah berikut:

    “`
    chkdsk /f [huruf drive kartu memori]:
    “`

    Ganti [huruf drive kartu memori] dengan huruf drive kartu memori yang sebenarnya.

  • SDFormatter

    SDFormatter adalah utilitas perbaikan kartu memori gratis yang dapat digunakan untuk memformat dan memperbaiki kartu memori. SDFormatter dapat diunduh dari situs web Asosiasi Kartu SD. Untuk menggunakan SDFormatter, cukup masukkan kartu memori ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer. Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, jalankan SDFormatter dan pilih kartu memori dari menu tarik-turun. Kemudian, klik tombol “Format” untuk memformat dan memperbaiki kartu memori.

  • H2testw

    H2testw adalah utilitas perbaikan kartu memori gratis yang dapat digunakan untuk menguji dan memperbaiki kartu memori. H2testw dapat diunduh dari situs web H2testw. Untuk menggunakan H2testw, cukup masukkan kartu memori ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer. Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, jalankan H2testw dan pilih kartu memori dari menu tarik-turun. Kemudian, klik tombol “Write + Verify” untuk menguji dan memperbaiki kartu memori.

  • Disk Drill

    Disk Drill adalah utilitas perbaikan kartu memori berbayar yang dapat digunakan untuk memulihkan data dari kartu memori yang rusak atau diformat. Disk Drill juga dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan pada kartu memori. Untuk menggunakan Disk Drill, cukup masukkan kartu memori ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer. Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, jalankan Disk Drill dan pilih kartu memori dari menu tarik-turun. Kemudian, klik tombol “Recover” untuk memindai dan memperbaiki kartu memori.

Jika Anda tidak yakin utilitas perbaikan kartu memori mana yang akan digunakan, disarankan untuk mencoba beberapa utilitas yang berbeda untuk melihat mana yang paling efektif untuk kartu memori Anda. Penting untuk dicatat bahwa beberapa utilitas perbaikan kartu memori dapat merusak data pada kartu memori, jadi pastikan untuk mencadangkan data penting apa pun sebelum menggunakan utilitas perbaikan kartu memori.

Periksa kesalahan sistem file

Kesalahan sistem file dapat menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan. Untuk memeriksa kesalahan sistem file, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masukkan kartu memori ke dalam pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer

    Setelah kartu memori terdeteksi oleh komputer, buka File Explorer dan klik kanan pada kartu memori. Kemudian, pilih “Properties” dari menu konteks.

  • Klik tab “Tools”

    Pada tab “Tools”, klik tombol “Check” di bawah bagian “Error checking”.

  • Pilih opsi “Scan drive”

    Windows akan memindai kartu memori untuk mencari kesalahan sistem file. Jika ada kesalahan yang ditemukan, Windows akan mencoba memperbaikinya.

  • Klik tombol “Start”

    Proses pemindaian dan perbaikan dapat memakan waktu beberapa menit, tergantung pada ukuran dan kecepatan kartu memori.

Setelah proses pemindaian dan perbaikan selesai, klik tombol “Close” untuk menutup jendela Properties. Jika Windows menemukan dan memperbaiki kesalahan sistem file, kartu memori seharusnya tidak lagi dilindungi dari penulisan. Namun, jika Windows tidak menemukan kesalahan apa pun, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan.

Hapus virus atau malware

Virus atau malware dapat menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan. Untuk menghapus virus atau malware, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Perbarui perangkat lunak antivirus

    Pastikan perangkat lunak antivirus Anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Perangkat lunak antivirus yang kedaluwarsa mungkin tidak dapat mendeteksi dan menghapus virus atau malware terbaru.

  • Lakukan pemindaian penuh pada kartu memori

    Setelah perangkat lunak antivirus Anda diperbarui, lakukan pemindaian penuh pada kartu memori. Pemindaian penuh akan memeriksa seluruh kartu memori untuk mencari virus atau malware.

  • Hapus semua virus atau malware yang ditemukan

    Jika perangkat lunak antivirus Anda menemukan virus atau malware, hapus semua virus atau malware tersebut. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh perangkat lunak antivirus Anda.

  • Restart komputer Anda

    Setelah semua virus atau malware telah dihapus, restart komputer Anda. Ini akan memastikan bahwa semua perubahan yang dilakukan oleh perangkat lunak antivirus diterapkan.

Jika kartu memori masih dilindungi dari penulisan setelah Anda menghapus semua virus atau malware, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan masalah tersebut. Dalam hal ini, disarankan untuk mencoba langkah pemecahan masalah lainnya, seperti memformat kartu memori atau menggunakan utilitas perbaikan kartu memori.

Perbarui driver perangkat

Driver perangkat yang kedaluwarsa atau rusak dapat menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan. Untuk memperbarui driver perangkat, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

Untuk memperbarui driver perangkat, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Device Manager.
    Anda dapat membuka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X dan kemudian memilih “Device Manager” dari menu.
  2. Temukan dan perluas kategori “Memory technology devices”.
    Kategori ini akan mencantumkan semua perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer Anda, termasuk kartu memori.
  3. Klik kanan pada perangkat penyimpanan yang ingin Anda perbarui drivernya dan kemudian pilih “Update driver”.
    Jika terdapat lebih dari satu perangkat penyimpanan yang tercantum, pastikan Anda memperbarui driver untuk perangkat yang benar.
  4. Pilih “Search automatically for updated driver software”.
    Windows akan secara otomatis mencari dan menginstal driver terbaru untuk perangkat Anda.
  5. Restart komputer Anda.
    Setelah driver perangkat diperbarui, restart komputer Anda. Ini akan memastikan bahwa semua perubahan yang dilakukan oleh driver baru diterapkan.

Jika kartu memori masih dilindungi dari penulisan setelah Anda memperbarui driver perangkat, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan masalah tersebut. Dalam hal ini, disarankan untuk mencoba langkah pemecahan masalah lainnya, seperti memformat kartu memori atau menggunakan utilitas perbaikan kartu memori.

Ganti pembaca kartu

Pembaca kartu yang rusak atau tidak kompatibel dapat menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan. Untuk mengganti pembaca kartu, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cabut pembaca kartu lama

    Cabut pembaca kartu lama dari komputer Anda.

  • Masukkan pembaca kartu baru

    Masukkan pembaca kartu baru ke port USB yang tersedia di komputer Anda.

  • Instal driver untuk pembaca kartu baru (jika diperlukan)

    Jika pembaca kartu baru memerlukan driver, ikuti petunjuk yang disertakan dengan pembaca kartu untuk menginstal driver.

  • Coba kartu memori di pembaca kartu baru

    Setelah pembaca kartu baru terinstal, coba masukkan kartu memori ke dalam pembaca kartu baru. Jika kartu memori tidak lagi dilindungi dari penulisan, maka kemungkinan pembaca kartu lama rusak atau tidak kompatibel.

Jika kartu memori masih dilindungi dari penulisan setelah Anda mengganti pembaca kartu, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan masalah tersebut. Dalam hal ini, disarankan untuk mencoba langkah pemecahan masalah lainnya, seperti memformat kartu memori atau menggunakan utilitas perbaikan kartu memori.

Ganti kartu memori

Jika semua langkah pemecahan masalah di atas tidak berhasil, kemungkinan kartu memori rusak. Dalam hal ini, Anda perlu mengganti kartu memori. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengganti kartu memori:

  1. Pilih kartu memori yang kompatibel dengan perangkat Anda.
    Pastikan untuk memeriksa spesifikasi perangkat Anda untuk mengetahui jenis dan ukuran kartu memori yang didukung.
  2. Pilih kartu memori dengan kapasitas dan kecepatan yang sesuai.
    Kapasitas kartu memori mengacu pada jumlah data yang dapat disimpan pada kartu, sedangkan kecepatan kartu memori mengacu pada seberapa cepat data dapat dibaca dan ditulis ke kartu. Pilih kartu memori dengan kapasitas dan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Beli kartu memori dari merek terkemuka.
    Kartu memori dari merek terkemuka umumnya lebih andal dan tahan lama dibandingkan kartu memori dari merek yang tidak dikenal.

Setelah Anda mengganti kartu memori, coba masukkan kartu memori ke dalam perangkat Anda. Jika kartu memori baru tidak dilindungi dari penulisan, maka kemungkinan kartu memori lama rusak. Anda dapat membuang kartu memori lama dengan benar atau mencoba memformatnya menggunakan utilitas perbaikan kartu memori. Namun, perlu diingat bahwa memformat kartu memori akan menghapus semua data pada kartu.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD:

Pertanyaan 1: Mengapa kartu memori microSD saya dilindungi dari penulisan?
Ada beberapa alasan mengapa kartu memori microSD dapat dilindungi dari penulisan, termasuk sakelar perlindungan tulis yang terkunci, sistem file yang rusak, virus atau malware, driver perangkat yang kedaluwarsa, pembaca kartu yang rusak, atau kartu memori yang rusak.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD?
Ada beberapa cara untuk menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD, termasuk melepaskan kartu dari perangkat, menggunakan sakelar perlindungan tulis, memformat kartu memori, menggunakan utilitas perbaikan kartu memori, memeriksa kesalahan sistem file, menghapus virus atau malware, memperbarui driver perangkat, mengganti pembaca kartu, atau mengganti kartu memori.

Pertanyaan 3: Apa yang harus dilakukan jika saya tidak dapat menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD?
Jika Anda tidak dapat menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD setelah mencoba semua langkah pemecahan masalah di atas, kemungkinan kartu memori rusak. Anda perlu mengganti kartu memori dengan yang baru.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mencegah kartu memori microSD dilindungi dari penulisan?
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kartu memori microSD dilindungi dari penulisan, termasuk menggunakan pembaca kartu berkualitas tinggi, memformat kartu memori secara teratur, menghindari penggunaan kartu memori pada perangkat yang berbeda, dan memindai kartu memori secara teratur untuk mencari virus atau malware.

Pertanyaan 5: Apakah mungkin untuk memulihkan data dari kartu memori microSD yang dilindungi dari penulisan?
Ya, dimungkinkan untuk memulihkan data dari kartu memori microSD yang dilindungi dari penulisan menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Namun, penting untuk dicatat bahwa semakin lama kartu memori dilindungi dari penulisan, semakin kecil kemungkinan data dapat dipulihkan.

Pertanyaan 6: Apa saja tanda-tanda kartu memori microSD yang rusak?
Ada beberapa tanda kartu memori microSD yang rusak, termasuk tidak dapat dibaca atau ditulis, kesalahan sistem file, dan kegagalan untuk memformat kartu memori.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara membuang kartu memori microSD dengan benar?
Kartu memori microSD mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak lingkungan jika dibuang dengan tidak benar. Penting untuk membuang kartu memori microSD di tempat pembuangan sampah elektronik atau tempat daur ulang setempat.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang cara menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD, silakan tinggalkan komentar di bawah dan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Selain langkah-langkah pemecahan masalah dan pertanyaan umum yang dibahas di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD:

Tips

Spock
Berikut adalah beberapa tips tambahan agar kartu memori microSD Anda tetap aman dan terlindungi: Spock
Spock
Menggunakan pembaca kartu berkualitas Spock
Gunakan pembaca kartu berkualitas yang kompatibel dengan kartu memori microSD Anda. Pembaca kartu berkualitas rendah atau rusak dapat menyebabkan korsleting atau kegagalan kartu memori.
Memformat kartu memori secara teratur Spock
Memformat kartu memori secara teratur akan membantu mencegah korupsi data dan memastikan bahwa kartu berfungsi dengan baik. Anda dapat memformat kartu memori menggunakan komputer atau kamera digital.
Hindari menggunakan kartu memori pada perangkat yang berbeda Spock
Menggunakan kartu memori pada beberapa perangkat dapat menyebabkan inkonsistensi sistem file yang dapat menyebabkan kartu dilindungi dari penulisan. Sebaiknya gunakan kartu memori hanya pada satu perangkat, seperti smartphone, kamera digital, atau komputer.
Memindai kartu memori secara teratur untuk mencari virus atau malware Spock
Virus atau malware dapat menyebabkan kartu memori dilindungi dari penulisan. Memindai kartu memori secara teratur menggunakan perangkat lunak antivirus akan membantu memastikan bahwa kartu bebas dari ancaman ini.
Selain tips ini, penting juga untuk menangani kartu memori microSD dengan hati-hati. Hindari menekuk atau menjatuhkan kartu, dan simpan kartu di tempat yang aman dan kering. Spock

Kesimpulan

Kartu memori microSD adalah perangkat penyimpanan yang penting, tetapi dapat menjadi membuat frustrasi ketika Anda tidak dapat menulis data ke kartu karena perlindungan tulis baca. Namun, ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD, seperti melepaskan kartu dari perangkat, menggunakan sakelar perlindungan tulis, memformat kartu memori, atau menggunakan utilitas perbaikan kartu memori.

Jika Anda telah mencoba semua langkah pemecahan masalah yang diuraikan dalam artikel ini dan kartu memori masih dilindungi dari penulisan, kemungkinan kartu memori rusak dan perlu diganti. Anda dapat mencoba memulihkan data dari kartu memori menggunakan perangkat lunak pemulihan data, tetapi semakin lama kartu memori dilindungi dari penulisan, semakin kecil kemungkinan data dapat dipulihkan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang cara menghilangkan perlindungan tulis baca pada kartu memori microSD, silakan tinggalkan komentar di bawah dan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Images References :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top