Cara Menghilangkan Bekas Stiker pada Motor


Cara Menghilangkan Bekas Stiker pada Motor

Bekas stiker yang menempel pada permukaan motor dapat merusak tampilan dan membuat motor terlihat kurang estetik. Bekas stiker tersebut dapat muncul karena berbagai alasan, seperti terpapar sinar matahari atau karena perekat stiker yang tidak dibersihkan dengan benar saat stiker dilepas.

Untungnya, terdapat beberapa cara mudah untuk menghilangkan bekas stiker pada motor tanpa merusak permukaan cat. Cara-cara tersebut dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, seperti cairan pembersih, minyak kayu putih, atau pengering rambut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan bekas stiker pada motor yang dapat Anda coba:

Cara Menghilangkan Bekas Stiker Motor

Berikut ini adalah 7 cara mudah menghilangkan bekas stiker pada motor:

  • Gunakan cairan pembersih
  • Pakai minyak kayu putih
  • Oleskan bensin
  • Manfaatkan pengering rambut
  • Aplikasikan alkohol
  • Gosok dengan cuka
  • Bersihkan dengan sabun cuci piring

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, bekas stiker pada motor Anda dapat dihilangkan dengan mudah tanpa merusak permukaan cat.

Gunakan cairan pembersih

Cairan pembersih merupakan salah satu bahan yang efektif untuk menghilangkan bekas stiker pada motor. Cairan pembersih mengandung bahan kimia yang dapat melarutkan perekat stiker sehingga mudah dihilangkan.

  • Oleskan cairan pembersih pada bekas stiker.

    Tuangkan sedikit cairan pembersih pada kain bersih atau kapas, kemudian oleskan pada bekas stiker. Diamkan selama beberapa menit agar cairan pembersih meresap dan melarutkan perekat stiker.

  • Gosok perlahan bekas stiker.

    Setelah cairan pembersih meresap, gosok perlahan bekas stiker menggunakan kain bersih atau sikat gigi bekas. Gosok dengan gerakan memutar hingga bekas stiker terangkat.

  • Bilas dengan air.

    Setelah bekas stiker terangkat, bilas permukaan motor dengan air bersih untuk menghilangkan sisa cairan pembersih. Keringkan permukaan motor menggunakan kain bersih.

  • Ulangi jika perlu.

    Jika bekas stiker masih belum hilang sepenuhnya, ulangi langkah-langkah di atas hingga bekas stiker hilang.

Saat menggunakan cairan pembersih, pastikan untuk memilih cairan pembersih yang tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak permukaan cat motor. Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk otomotif atau cairan pembersih serbaguna yang aman untuk permukaan cat.

Pakai minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga efektif untuk menghilangkan bekas stiker pada motor karena mengandung bahan alami yang dapat melarutkan perekat stiker. Cara menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan bekas stiker adalah sebagai berikut:

Oleskan minyak kayu putih pada bekas stiker.
Tuangkan sedikit minyak kayu putih pada kain bersih atau kapas, kemudian oleskan pada bekas stiker. Diamkan selama beberapa menit agar minyak kayu putih meresap dan melarutkan perekat stiker.

Gosok perlahan bekas stiker.
Setelah minyak kayu putih meresap, gosok perlahan bekas stiker menggunakan kain bersih atau sikat gigi bekas. Gosok dengan gerakan memutar hingga bekas stiker terangkat.

Bilas dengan air.
Setelah bekas stiker terangkat, bilas permukaan motor dengan air bersih untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih. Keringkan permukaan motor menggunakan kain bersih.

Ulangi jika perlu.
Jika bekas stiker masih belum hilang sepenuhnya, ulangi langkah-langkah di atas hingga bekas stiker hilang.

Minyak kayu putih aman digunakan pada permukaan cat motor karena tidak mengandung bahan kimia keras. Namun, untuk menghindari kerusakan pada permukaan cat, sebaiknya gunakan minyak kayu putih murni dan hindari penggunaan minyak kayu putih yang mengandung campuran bahan kimia lainnya.

Oleskan bensin

Bensin juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas stiker pada motor karena mengandung bahan kimia yang dapat melarutkan perekat stiker. Namun, bensin bersifat mudah terbakar dan dapat merusak permukaan cat motor jika tidak digunakan dengan hati-hati. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut dengan hati-hati:

  • Tuangkan sedikit bensin pada kain bersih atau kapas.
    Jangan menuangkan bensin langsung pada permukaan motor karena dapat merusak cat. Tuangkan sedikit bensin pada kain bersih atau kapas, kemudian oleskan pada bekas stiker.
  • Diamkan selama beberapa menit.
    Biarkan bensin meresap dan melarutkan perekat stiker selama beberapa menit.
  • Gosok perlahan bekas stiker.
    Setelah bensin meresap, gosok perlahan bekas stiker menggunakan kain bersih atau sikat gigi bekas. Gosok dengan gerakan memutar hingga bekas stiker terangkat.
  • Bilas dengan air dan sabun.
    Setelah bekas stiker terangkat, segera bilas permukaan motor dengan air dan sabun untuk menghilangkan sisa bensin. Keringkan permukaan motor menggunakan kain bersih.

Saat menggunakan bensin, pastikan untuk melakukannya di area yang berventilasi baik dan jauh dari sumber api. Hindari menghirup uap bensin karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Images References :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top