Cara Menghilangkan Notch Samsung Android 12


Cara Menghilangkan Notch Samsung Android 12

Notch atau poni pada layar smartphone menjadi salah satu fitur yang cukup banyak dihindari pengguna. Selain mengurangi estetika tampilan, keberadaan notch juga dapat mengganggu saat menonton video atau bermain game.

Bagi pengguna Samsung yang merasa terganggu dengan notch pada layar, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya. Nah, pada artikel ini akan dibahas beberapa trik jitu untuk menghilangkan notch pada smartphone Samsung Android 12.

Sebelum melakukan cara-cara berikut, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone Samsung Anda sudah menjalankan Android 12 atau versi terbaru.

Cara Menghilangkan Notch Samsung Android 12

Berikut adalah 8 cara menghilangkan notch Samsung Android 12:

  • Aktifkan Hide Camera Cutout
  • Gunakan Wallpaper Hitam
  • Pakai Aplikasi Notch Remover
  • Sembunyikan Notch dengan AOD
  • Atur Status Bar Menjadi Transparan
  • Pasang Status Bar Custom
  • Ubah Resolusi Layar
  • Root dan Modifikasi Sistem

Dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda dapat menghilangkan notch pada smartphone Samsung Android 12 dan mendapatkan tampilan layar yang lebih lega dan nyaman.

Aktifkan Hide Camera Cutout

Cara pertama dan termudah untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan mengaktifkan fitur Hide Camera Cutout. Fitur ini berfungsi untuk menyembunyikan area notch dengan cara mewarnai bagian tersebut menjadi hitam.

Untuk mengaktifkan Hide Camera Cutout, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Samsung Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih opsi Layar.
  3. Pada bagian Kamera depan, aktifkan opsi Hide Camera Cutout.

Setelah diaktifkan, area notch pada layar akan disembunyikan dengan warna hitam. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan notch, terutama saat menggunakan aplikasi atau game yang tidak membutuhkan area layar penuh.

Namun, perlu diketahui bahwa mengaktifkan Hide Camera Cutout dapat mengurangi sedikit area tampilan layar. Selain itu, fitur ini tidak tersedia pada semua model ponsel Samsung.

Gunakan Wallpaper Hitam

Cara kedua untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan menggunakan wallpaper hitam. Dengan menggunakan wallpaper hitam, area notch akan menyatu dengan warna latar belakang layar sehingga tidak terlihat.

Untuk menggunakan wallpaper hitam, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Galeri di ponsel Samsung Anda.
  2. Pilih gambar atau foto berwarna hitam.
  3. Ketuk tombol titik tiga di pojok kanan atas.
  4. Pilih opsi Setel sebagai wallpaper.

Setelah menggunakan wallpaper hitam, area notch pada layar akan tersamarkan dengan baik. Cara ini cukup efektif dan tidak mengurangi area tampilan layar. Selain itu, wallpaper hitam juga dapat menghemat daya baterai karena layar AMOLED pada ponsel Samsung akan mati saat menampilkan warna hitam.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan wallpaper hitam mungkin tidak cocok untuk semua pengguna. Beberapa pengguna mungkin merasa bosan atau tidak nyaman dengan tampilan layar yang serba hitam.

Pakai Aplikasi Notch Remover

Cara ketiga untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan menggunakan aplikasi Notch Remover. Aplikasi ini berfungsi untuk menyembunyikan area notch dengan cara menambahkan bilah hitam di bagian atas layar.

Berikut adalah beberapa aplikasi Notch Remover yang bisa digunakan:

  • Nacho Notch
  • Notch Remover – Custom Notch
  • Hide Notch
  • Navbar Apps – Notch Remover

Untuk menggunakan aplikasi Notch Remover, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi Notch Remover dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan aktifkan fitur notch remover.
  3. Sesuaikan pengaturan sesuai keinginan, seperti tinggi dan lebar bilah hitam.

Setelah diaktifkan, aplikasi Notch Remover akan menambahkan bilah hitam di bagian atas layar, sehingga area notch akan tertutupi. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan notch, terutama saat menggunakan aplikasi atau game yang tidak membutuhkan area layar penuh.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan aplikasi Notch Remover dapat sedikit mengurangi area tampilan layar. Selain itu, beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan aplikasi Notch Remover.

Sembunyikan Notch dengan AOD

Cara keempat untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan menyembunyikannya menggunakan fitur Always On Display (AOD). AOD adalah fitur yang menampilkan informasi penting seperti waktu, tanggal, dan notifikasi pada layar saat ponsel dalam keadaan mati.

  • Sembunyikan area notch pada AOD

    Beberapa ponsel Samsung memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan area notch pada tampilan AOD. Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka menu Pengaturan di ponsel Samsung Anda.
    2. Gulir ke bawah dan pilih opsi Layar kunci.
    3. Ketuk opsi Selalu aktifkan tampilan.
    4. Aktifkan opsi Sembunyikan area kamera.
  • Gunakan wallpaper AOD hitam

    Cara lain untuk menyembunyikan notch pada AOD adalah dengan menggunakan wallpaper AOD berwarna hitam. Dengan menggunakan wallpaper hitam, area notch akan menyatu dengan warna latar belakang layar sehingga tidak terlihat.

  • Sesuaikan tata letak AOD

    Pada beberapa ponsel Samsung, pengguna dapat menyesuaikan tata letak AOD. Dengan menyesuaikan tata letak, pengguna dapat memindahkan informasi penting seperti waktu dan tanggal ke area yang tidak terhalang oleh notch.

  • Gunakan aplikasi AOD pihak ketiga

    Jika ponsel Samsung Anda tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan notch pada AOD, pengguna dapat mencoba menggunakan aplikasi AOD pihak ketiga. Aplikasi ini biasanya menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian, termasuk opsi untuk menyembunyikan notch.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, pengguna dapat menyembunyikan notch pada tampilan AOD dan mendapatkan tampilan layar yang lebih bersih dan nyaman.

Atur Status Bar Menjadi Transparan

Cara kelima untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan mengatur status bar menjadi transparan. Status bar adalah bagian layar yang terletak di bagian atas dan menampilkan informasi seperti waktu, baterai, dan sinyal.

  • Aktifkan tema gelap

    Tema gelap dapat membuat status bar menjadi transparan secara otomatis. Untuk mengaktifkan tema gelap, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka menu Pengaturan di ponsel Samsung Anda.
    2. Gulir ke bawah dan pilih opsi Tampilan.
    3. Aktifkan opsi Tema gelap.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga

    Jika ponsel Samsung Anda tidak memiliki fitur untuk membuat status bar menjadi transparan, pengguna dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini biasanya menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian, termasuk opsi untuk membuat status bar menjadi transparan.

  • Ubah resolusi layar

    Pada beberapa ponsel Samsung, mengubah resolusi layar dapat membuat status bar menjadi transparan. Untuk mengubah resolusi layar, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka menu Pengaturan di ponsel Samsung Anda.
    2. Gulir ke bawah dan pilih opsi Layar.
    3. Pilih opsi Resolusi layar.
    4. Pilih resolusi layar yang lebih rendah.

    Namun, perlu diketahui bahwa mengubah resolusi layar dapat mengurangi kualitas tampilan.

  • Root dan modifikasi sistem

    Cara terakhir untuk membuat status bar menjadi transparan adalah dengan melakukan root pada ponsel Samsung dan memodifikasi sistem. Namun, cara ini tidak disarankan karena dapat merusak ponsel jika tidak dilakukan dengan benar.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, pengguna dapat mengatur status bar menjadi transparan dan mendapatkan tampilan layar yang lebih luas tanpa notch.

Pasang Status Bar Custom

Cara keenam untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan mengaplikasikan status bar khusus. Status bar khusus adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas status bar, termasuk menyembunyikan notch.

Untuk memasang status bar khusus, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Play Store dan cari aplikasi status bar khusus.
  2. Unduh dan instal aplikasi.
  3. Buka aplikasi dan aktifkan opsi untuk menyembunyikan notch.
  4. Sesuaikan pengaturan status bar khusus sesuai keinginan, seperti warna, ukuran, dan transparansi.

Setelah memasang status bar khusus, notch pada ponsel Samsung akan disembunyikan. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan notch, tetapi dapat mengurangi fungsionalitas status bar, seperti menampilkan notifikasi.

Beberapa aplikasi status bar khusus yang populer antara lain:

  • Navbar Apps – Notch Remover
  • PowerLine
  • Status Bar Customizer
  • Tshu QuickPanel

Ubah Resolusi Layar

Cara ketujuh untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12 adalah dengan mengubah resolusi layar. Menurunkan resolusi layar dapat membuat notch menjadi kurang terlihat atau bahkan hilang.

  • Aktifkan resolusi layar yang lebih rendah

    Pada beberapa ponsel Samsung, pengguna dapat mengaktifkan resolusi layar yang lebih rendah. Untuk mengaktifkan resolusi layar yang lebih rendah, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka menu Pengaturan di ponsel Samsung Anda.
    2. Gulir ke bawah dan pilih opsi Layar.
    3. Pilih opsi Resolusi layar.
    4. Pilih resolusi layar yang lebih rendah.

    Namun, perlu diketahui bahwa mengubah resolusi layar dapat mengurangi kualitas tampilan.

  • Gunakan aplikasi pihak ketiga

    Jika ponsel Samsung Anda tidak memiliki fitur untuk mengubah resolusi layar, pengguna dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini biasanya menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian, termasuk opsi untuk mengubah resolusi layar.

  • Root dan modifikasi sistem

    Cara terakhir untuk mengubah resolusi layar adalah dengan melakukan root pada ponsel Samsung dan memodifikasi sistem. Namun, cara ini tidak disarankan karena dapat merusak ponsel jika tidak dilakukan dengan benar.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, pengguna dapat mengubah resolusi layar dan membuat notch menjadi kurang terlihat atau bahkan hilang.

Root dan Modifsrvasi System

Root dan modifikasi sistem adalah cara termimus untuk menyingkirkan takik pada Samsung Android your Android your Android your Android your Android . Meskipun bukan untuk operasi harian yang mahir secara technical dan ahli your Android your Android your Android your Android , ini mungkin your Android your Android your Android your Android cara paling jitu untuk menyingkirkan takik pada Samsung Android your Android your Android your Android your Android . Melalui rooting dan modifikasi sistem your Android your Android your Android your Android , Anda mungkin your Android your Android your Android your Android akan menyingkirkan takik secara permanen dengan mengubah pengaturan sistem internal yang bertanggung your Android your Android your Android your Android atas implementasi takik your Android your Android your Android your Android ..

  • . Aktifkan Debugging USB pada hp Samsung Kamu.
  • . Unduh Android your Android your Android your Android SDK your Android your Android your Android your Android Tools dari web formal your Android your Android your Android your Android .
  • . your Android your Android your Android your Android Pasang your Android your Android your Android your Android SDK your Android your Android your Android your Android Tools di computer your Android your Android your Android your Android .
  • . your Android your Android your Android your Android Reboot HP Samsung kamu ke your Android your Android your Android your Android mode your Android your Android your Android your Android fastboot.
  • . Hubungan HP Samsung ke computer menggunakan your Android your Android your Android your Android data your Android your Android your Android your Android line.
  • . Buka your Android your Android your Android your Android command your Android your Android your Android your Android window di computer your Android your Android your Android your Android .
  • . Ketik your Android your Android your Android your Android peritah your Android your Android your Android your Android unlock untuk your Android your Android your Android your Android unlock your Android your Android your Android your Android bootloader HP your Android your Android your Android your Android .
  • . HP your Android your Android your Android your Android akan your Android your Android your Android your Android reboot ke your Android your Android your Android your Android mode your Android your Android your Android your Android download.
  • . Download file your Android your Android your Android your Android image your Android your Android your Android your Android yang sesuai dengan your Android your Android your Android your Android hp your Android your Android your Android your Android yang kamu your Android your Android your Android your Android gunakan.
  • . Ketik your Android your Android your Android your Android peritah your Android your Android your Android your Android flash your Android your Android your Android your Android all untuk your Android your Android your Android your Android menginstal your Android your Android your Android your Android Android your Android your Android your Android your Android costum your Android your Android your Android your Android di your Android your Android your Android your Android HP your Android your Android your Android your Android kam u.

.
Perlu dicatat bahwa your Android your Android your Android your Android rooting dan modifikasi sistem your Android your Android your Android your Android membatalkan your Android your Android your Android your Android garansi HP your Android your Android your Android your Android kam u dan your Android your Android your Android your Android dapat your Android your Android your Android your Android memb antuk HP your Android your Android your Android your Android kam u menjadi your Android your Android your Android your Android rusak yang tidak dapat your Android your Android your Android your Android diperbai your Android your Android your Android your Android . Lakukan your Android your Android your Android your Android cara your Android your Android your Android your Android ini denga your Android your Android your Android your Android tepat dan ikuit intruksi denga your Android your Android your Android your Android cerama your Android your Android your Android your Android ..

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghilangkan notch pada Samsung Android 12:

Question 1: Apakah semua cara yang disebutkan di atas aman untuk digunakan?
Answer 1: Sebagian besar cara yang disebutkan di atas aman untuk digunakan, tetapi beberapa cara memerlukan root dan modifikasi sistem yang dapat membatalkan garansi dan berpotensi merusak ponsel jika tidak dilakukan dengan benar.

Question 2: Cara mana yang paling efektif untuk menghilangkan notch?
Answer 2: Cara yang paling efektif untuk menghilangkan notch adalah dengan menggunakan aplikasi Notch Remover atau dengan mengubah resolusi layar.

Question 3: Apakah ada cara untuk menyembunyikan notch secara permanen?
Answer 3: Tidak ada cara untuk menyembunyikan notch secara permanen pada Samsung Android 12 tanpa melakukan root dan modifikasi sistem.

Question 4: Apakah menyembunyikan notch dapat memengaruhi kualitas tampilan?
Answer 4: Beberapa cara untuk menyembunyikan notch, seperti mengubah resolusi layar atau menggunakan aplikasi Notch Remover, dapat sedikit mengurangi kualitas tampilan.

Question 5: Apakah ada cara untuk menyembunyikan notch hanya pada aplikasi tertentu?
Answer 5: Ya, ada beberapa aplikasi Notch Remover yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan notch hanya pada aplikasi tertentu.

Question 6: Apakah menyembunyikan notch dapat menghemat baterai?
Answer 6: Ya, menyembunyikan notch menggunakan wallpaper hitam atau dengan mengaktifkan Hide Camera Cutout dapat menghemat baterai karena layar AMOLED pada ponsel Samsung akan mati saat menampilkan warna hitam.

Question 7: Apakah cara-cara ini juga berlaku untuk ponsel Samsung Android 11?
Answer 7: Sebagian besar cara yang disebutkan di atas juga berlaku untuk ponsel Samsung Android 11, tetapi beberapa fitur seperti Hide Camera Cutout mungkin tidak tersedia.

Dengan mengikuti cara-cara yang disebutkan di atas, pengguna dapat menghilangkan notch pada Samsung Android 12 dan mendapatkan tampilan layar yang lebih lega dan nyaman.

Selain cara-cara di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12:

Tips

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menghilangkan notch pada Samsung Android 12:

Gunakan wallpaper yang gelap atau hitam: Menggunakan wallpaper gelap atau hitam dapat membantu menyembunyikan notch karena area notch akan menyatu dengan warna latar belakang layar.

Gunakan aplikasi yang mendukung mode layar penuh: Beberapa aplikasi mendukung mode layar penuh yang dapat menyembunyikan notch saat aplikasi tersebut digunakan. Cari aplikasi yang memiliki fitur ini di Google Play Store.

Gunakan tema gelap: Tema gelap dapat membantu menyembunyikan notch pada beberapa ponsel Samsung dengan mengaktifkan fitur Hide Camera Cutout secara otomatis.

Posisikan konten penting di tengah layar: Saat menggunakan aplikasi atau menonton video, cobalah untuk memposisikan konten penting di tengah layar untuk menghindari area notch.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, pengguna dapat meminimalkan tampilan notch pada Samsung Android 12 dan mendapatkan pengalaman layar yang lebih imersif.

Dengan mencoba berbagai cara dan tips yang telah dijelaskan di atas, pengguna dapat menghilangkan notch pada Samsung Android 12 dan menikmati tampilan layar yang lebih luas dan nyaman.

Kesimpulan

مفتاح utama untuk menghilangkan notch pada Samsung Android adalah dengan memahami bahwa tidak ada solusi universal yang cocok untuk semua pengguna. Cara dan tips yang telah dijelaskan di atas menawarkan berbagai pendekatan untuk menyembunyikan atau menghilangkan notch, tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna.
Bagi pengguna yang menginginkan cara yang mudah dan tidak memerlukan modifikasi, menggunakan wallpaper hitam, mengaktifkan Hide Camera Cutout, atau menggunakan aplikasi Notch Remover adalah pilihan yang baik. Sementara itu, pengguna yang lebih mahir secara teknis dan tidak keberatan melakukan root pada ponsel mereka dapat mengeksplorasi opsi mengubah resolusi layar atau memodifikasi sistem.
Perlu diingat bahwa beberapa metode mungkin memerlukan pengorbanan, seperti penurunan kualitas tampilan atau berkurangnya fungsionalitas. Oleh karena itu, pengguna harus mempertimbangkan dengan cermat pro dan kontra dari setiap metode sebelum memutuskan cara mana yang akan digunakan.
Pada akhirnya, tujuan dari menghilangkan notch adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat layar ponsel lebih imersif. Dengan mengikuti cara dan tips yang telah diuraikan dalam artikel ini, pengguna dapat menyesuaikan tampilan layar Samsung Android mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Images References :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top